• +62 31 298 1110
  • farmasi@unit.ubaya.ac.id

Program Studi Sarjana Fakultas Farmasi Universitas Surabaya (PSSF UBAYA) memiliki komitmen untuk senantiasa mengedepankan mutu kualitas pendidikan demi terlaksananya visi Fakultas “to be excellence in pharmacy education” dan Visi PSSF “menjadi Program Studi Sarjana Farmasi yang unggul dalam pendidikan farmasi dengan tujuh keutamaan plus (seven star plus)”. Sebagai upaya untuk menggapai visi tersebut, PSSF UBAYA memiliki misi mengoptimalkan penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk memfasilitasi, mendukung, serta mendorong peningkatan pelayanan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat dengan komitmen yang kuat terhadap kebutuhan lokal, nasional, dan internasional.



Penyusunan kurikulum PSSF UBAYA yang sistematis memuat standar kompetensi lulusan baik kompetensi utama maupun pendukung merupakan bagian strategis dalam merealisasikan visi dan misi PSSF UBAYA tersebut. Kurikulum PSSF UBAYA disusun dengan menjadikan beberapa dokumen legal berikut sebagai kompas penentu arah pengembangan kurikulum tanpa menghilangkan nilai kebebasan akademik, yaitu: 1) Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 2) Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Kepmendiknas RI) no.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi; 3) Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi; 4) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI),  5) Statuta Ubaya 2012; 6) Peraturan Rektor Universitas Surabaya No 408 tahun 2014  tentang Panduan penyusunan Kurikulum di Lingkungan Universitas Surabaya; 7) Manual Mutu Universitas Surabaya 2007-2010; 8) Standar Mutu Akademik Universitas Surabaya 2007-2010; 9) Surat Keputusan Rektor No. 283.B Tahun 2007 Tentang Profil Lulusan Mahasiswa Universitas Surabaya; 10) Peraturan Rektor Universitas Surabaya Nomor 339A tahun 2011 tentang Rencana Strategis Fakultas Farmasi Universitas Surabaya tahun 2011-2018; 11) Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia No 058/SK/PP.IAI/IV/2011 tentang Standar Kompetensi Apoteker Indonesia; 12) Kurikulum Inti yang ditetapkan Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia yang tertuang dalam Naskah Akademik Standar Kompetensi Lulusan dan  Standar Kurikulum Pendidikan Farmasi – Program Studi Sarjana Farmasi dan Apoteker – Tahun 2013.

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang mengemban nilaibudaya organisasiLis Volat Propiis, Pacta Sunt Servanda, Ko-opetisi, Caring Community, dan Learning Organization, UBAYA berkomitmen untuk menghasilkan insan cendekia yang memiliki profil sebagai berikut: Unggul dalam bidang studi yang dipilih dalam rangka mempersiapkan hidup yang produktif dan sukses. Memiliki pemahaman tentang metodologi ilmiah dalam disiplin ilmu yang ditekuni dan menerapkannya dalam upaya menggali pengetahuan dan memastikan validitasnya. Memiliki kemampuan untuk menerapkan analisis baku dan melakukan evaluasi untuk mencapai keputusan-keputusan yang logis. Memiliki pemahaman tentang peran dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam penyelesaian masalah-masalah di lingkungan yang mengalami perubahan terus menerus. Memiliki kemampuan untuk menempatkan diri secara positif dalam kultur yang beragam dan dinamis, dalam kondisi ekonomi yang kompetitif, dalam kerja tim, dan isu-isu etika dan moral yang kompleks. Memiliki kemampuan untuk berperilaku secara efektif, matang dan independen, serta menyampaikan pemikiran dalam komunikasi secara oral dan tertulis. Memiliki wawasan kebangsaan yang baik sebagai warga negara yang bertanggung jawab. Berbagai strategi diupayakan untuk menjamin perencanaan dan implementasi kurikulum PSSF UBAYA dapat secara efektif menghasilkan insan cendekiawan sebagaimana telah dipaparkan pada bagian sebelumnya.

Dalam Peraturan Rektor Universitas Surabaya Nomor 339A tahun 2011 tentang Rencana Strategis Fakultas Farmasi Universitas Surabaya tahun 2011-2018 secara tegas dinyatakan beberapa sasaran strategis yang salah satu komponen utama sasaran dalam Bidang Tridharma Perguruan Tinggi adalah peningkatan mutu pendidikan farmasi. Salah satu implementasi nyata dari sasaran strategis tersebut adalah melakukan evaluasi kurikulum secara berkesinambungan sesuai kaidah Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, dan Kurikulum Z  yang dimulai dari sosialisasi tantangan program studi farmasi dan dikaitkan dengan isu global farmasi, kemudian pemetaan kontribusi mata kuliah dengan kompetensi  sampai pada  delivery method terkait Student Centered  Learning dan pembuatan modul.

Pembentukan sistem penjaminan mutu pembelajaran (materi, proses dan evaluasi pembelajaran) dilakukan sebagai upaya untuk mengawal pelaksanaan kurikulum sehingga dihasilkan lulusan PSSF UBAYA yang sesuai dengan yang dijanjikan. Berikut adalah profil lulusan S1 FF UBAYA: Memiliki kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dalam ilmu  kefarmasian. Memiliki kemampuan dalam pengembangan dan penjaminan mutu sediaan farmasi.  Memiliki kemampuan untuk mendukung pelayanan kefarmasian yang berkualitas sesuai peraturan perundang-undangan dan etika kefarmasian.  Memiliki kemampuan untuk melakukan penelusuran, pengkajian, dan penyampaian informasi obat.  Memiliki karakter unggul untuk berperan sebagai pemberi layanan, pengambil keputusan, komunikator, pemimpin, manajer, pembelajar sepanjang hayat, pendidik, peneliti, serta wira-usahawan.
Proses perumusan kompetensi lulusan utama PSSF UBAYA dibuat dengan didasarkan pada dokumen-dokumen legal sebagaimana juga digunakan sebagai dasar penyusunan kurikulum, khususnya: 1) Undang-Undang No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan pasal 24 ayat 1; 2) Peraturan Pemerintah No 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian pasal 35 dan 36; 3) Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 4) Manual Mutu Universitas Surabaya 2007-2010; 5) Standar Mutu Akademik Universitas Surabaya 2007-2010; 6) Surat Keputusan Rektor No. 283.B Tahun 2007 Tentang Profil Lulusan Mahasiswa Universitas Surabaya; 7) Surat Keputusan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia No 058/SK/PP.IAI/IV/2011 tentang Standar Kompetensi Apoteker Indonesia; 8) Kurikulum Inti yang ditetapkan Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia yang tertuang dalam Naskah Akademik Standar Kompetensi Lulusan dan  Standar Kurikulum Pendidikan Farmasi – Program Studi Sarjana Farmasi dan Apoteker – Tahun 2013.


Bachelor of Pharmacy Academic Book

please kindly visit adminitration office to get the full copy of bachelor of pharmacy academic books