Sejarah

Fakultas Farmasi Universitas Surabaya didirikan pada tahun 1963 dan sejak tahun 1998 telah memperoleh akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat A berturut-turut tahun 2004, tahun 2011. Fakultas Farmasi UBAYA menyelenggarakan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan diri menjadi Farmasis yang memiliki ilmu pengetahuan, ketrampilan profesional, sosial dan komunikasi, serta karakter dan perilaku Farmasis yang kompeten dan profesional, untuk menjawab kebutuhan masyarakat di tingkat lokal maupun global. Pengendalian mutu lulusan tetap dijaga dengan profil lulusan yang mempunyai kemampuan cepat beradaptasi dengan tuntutan teknologi-informasi dan tanggap terhadap kebutuhan profesionalisme praktek kefarmasian yang mempunyai korelasi/linier dengan kebutuhan masyarakat sehingga mampu memenuhi standar profesi Apoteker lintas negara dan mempunyai kemampuan lulusan untuk berkompetisi di tingkat global serta sesuai dengan kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKKNI) Orientasi Pengembangan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya ada 2:

  1. Pengembangan ke arah pada layanan Farmasi-Klinis-Komunitas dengan mengedepankan Therapencilies Out Comes, Patient’s Quality of Life, layanan yang berpusat pada kepentingan pasien, serta pengobatan yang rasional
  2. Pengembangan bidang Sain-Industri, terutama pengembangan obat, produk obat, dan kosmetik yang berbasis bahan alam. Pengembangan kedua bidang ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan pemanfaatan bahan alam. Jejaring kerja sama pembelajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri telah berlangsung dengan baik dan terus berkembang. Manajemen berbasis pengendalian mutu dan transparansi diharapkan dapat memberikan jaminan kepastian bagi peserta didik dan masyarakat yang berinteraksi dengan Fakultas Farmasi Universitas Surabaya dalam layanan Tridharma. Fakultas Farmasi UBAYA dalam program Strata Satu mempunyai 3 (tiga) kelompok minat yaitu minat Farmasi Klinis dan Komunitas, Farmasi Sains-Teknologi-Industri dan Kosmetologi.